Melemah Lagi, Rupiah ke Rp13.193/USD

Aek Simorot - Pegerakan rupiah pada pagi ini masih bergerak fluktuatif. Mata uang Garuda ini terpantau melemah lagi setelah pada perdagangan sebelumnya sempat menguat.

Mengutip Bloomberg, Kamis, 28 Mei, rupiah dibuka di posisi Rp13.193 per USD jika dibandingkan dengan perdagangan sebelumnya di Rp13.189 per USD. Sementara berdasarkan data Yahoo Finance, rupiah berada di level Rp13.195 per USD dibandingkan sebelumnya di Rp13.215 per USD.

Berdasarkan hasil riset Samuel Sekuritas, gerak rupiah berpeluang melanjutkan penguatannya hari ini dengan penguatan dolar yang mereda.

Hasil analisa mereka, rupiah telah tertekan semenjak pembukaan Rabu pagi bersama seluruh mata uang di Asia seiring dengan menguatnya dolar. Akan tetapi secara mengejutkan, pelemahan rupiah yang sejalan dengan aksi jual di pasar saham, berbalik menjelang penutupan menjadi menguat 0,23 persen.

"Bank Indonesia (BI) masih berkomitmen untuk selalu berada di pasar valas agar volatilitas rupiah terjaga tidak terlalu tinggi. Volatilitas tinggi rupiah diperkirakan bisa bertahan hingga FOMC meeting di tengah Juni nanti," demikian ungkap riset tersebut.

Selain itu, inflasi tinggi yang diperkirakan masih akan terjadi dua bulan mendatang seiring dengan datangnya bulan Ramadan juga akan menekan rupiah.
AHL

Sumber : http://ekonomi.metrotvnews.com/read/2015/05/28/399965/melemah-lagi-rupiah-ke-rp13-193-usd

Unknown
Unknown

Previous
Next Post »