Aplikasi Excel 1721-A1 dan 1770S-SS 2014

Aek Simorot - Sudahkah Anda menyampaikan SPT tahunan? Atau sudahkah Anda para wajib pajak karyawan menerima bukti potong? Jika belum maka luangkan waktu sejenak untuk meminta bukti potong dari pemberi kerja, bisa jadi perusahaan masih belum menyelesaikan pembuatan bukti potong PPh 21 atau form 1721-A1 bagi karyawan tetap. Jika sudah terima bukti potongnya ANda bisa ke KPP terdekat untuk mengisi dan menyampaikan SPT tahunan mumpung belum mepet-mepet batas akhirnya yaitu akhir bulan ke-3 (selasa, 31 maret 2015). Nah di akhir artikel ini akan saya bagikan file excel pembuatan 1721-A1 dan dengan output SPT 1770S dan SS yang terbaru.

Bagi para pemberi usaha/perusahaan/finance staffnya perusahaan atau yg ditunjuk sebagai pemotong PPh 21 karyawan ada kewajiban untuk membuat bukti potong PPh 21 bagi karyawan tetapnya yaitu berupa formulir 1721-A1. Form ini berisi daftar rekapitulasi penghasilan dan pengurang penghasilan karyawan bersangkutan dalam setahun dia bekerja. Normalnya berisi penghasilan dari januari-desember. Nah bagaimana jika si karyawan adalah pindahan atau baru bekerja, tentunya bukti potongnya nilainya nggak full dan bisa dapat 2 bupot dari perusahaan lama dan perusahaan baru.

Sesuai dengan Pasal 23 ayat (1) Peraturan Direktur Jenderal Pajak Nomor PER-31/PJ/2012 tentang Pedoman Teknis Tata Cara Pemotongan, Penyetoran dan Pelaporan Pajak Penghasilan Pasal 21 dan/atau Pajak Penghasilan Pasal 26 Sehubungan dengan Pekerjaan, Jasa, dan Kegiatan Orang Pribadi, menyatakan bahwa pemotong PPh Pasal 21 dan/atau PPh Pasal 26 harus memberikan bukti pemotongan PPh Pasal 21 atas penghasilan yang diterima atau diperoleh pegawai tetap atau penerima pensiun berkala paling lama 1 (satu) bulan setelah tahun kalender berakhir. Artinya seharusnya menginjak di bulan februari masing-masing karyawan sudah bisa menerima bupot, jika belum maka mintalah ke bagian keuangan perusahaan Anda. Karena tanpa bupot tersebut Anda tidak bisa mengisi formulir SPT tahunan PPh pribadi.

Bagi para admin/finance atau apalah jabatan Anda yg kebetulan mendapat amanah untuk membuat bupot 1721-A1 saya sediakan file excel untuk membuat bukti potong 1721-A1 dan sekaligus SPT 1770S & SS jika diperlukan. Karena bagi pemotong minimal wajib membuat 1721-A1 saja, sedangkan membuat dan melaporkan 1770S dan SS adalah kewajiban masing-masing pribadi karyawan.

Aktifkan Fitur Makro Pada Excel (1)
Pada Office Excel klik menu File >> Options

Aktifkan Fitur Makro Pada Excel (2)

Klik Trust Center >> Macro Settings >> Enable all macros >> OK

Isian Sheet “Data A1″ (1)


Terdapat 3 bagian yang harus diisi.
  • Data tahun pajak
  • Data Pemotong (yg tanda tangan form A1) bisa pimpinan atau yg ditunjuk
  • Data para pegawai (isikan Nama, NPWP, NIK/No KTP, Alamat pegawai dst)
Isian Sheet “Data A1″ (2)

Pilih masa perolehan penghasilan dan pilih atau biarkan kosong untuk pegawai lama yg bekerja 12 bulan full. pada bagian penghasilan bruto isikan penghasilan sesuai kolomnya yang berwarna putih.

Isian Sheet “Data A1″ (3) 

pada bagian pengurang penghasilan ada 2 komponen yaitu biaya jabatan dan IHT & JHT

Kontrol Cetak Bupot dan SPT
 
Tombol cetak bisa diakses di sheet “1721A1” terdiri dari:
  1. Tombol previous data, untuk melihat data A1 pegawai nomor urut sebelumnya
  2. Tombol next data, untuk melihat data A1 pegawai nomor urut setelahnya
  3. Dari, set nomor urut awal pegawai yg akan dicetak bupot/SPT
  4. Ke, set nomor urut akhir pegawai yg akan dicetak bupot/SPT
  5. Print 1721-A1, mencetak 1721-A1 sesuai dengan setelan tombol dari dan ke
  6. Print SPT, mencetak SPT sesuai dengan setelan tombol dari dan ke
Jika Anda ingin cetak hanya untuk 1 bupot/SPT maka set tombol dari dan ke sama nilainya, misal untuk cetak nomor urut 6 maka set dari 6 ke 6
Aplikasi akan mendeteksi berdasarkan penghasilan bruto setahun karyawan apakah dia menggunakan 1770S atau 1770SS

1770S

 









 Pada formulir 1770S hanya bruto pegawai yang nilainya 60jt keatas yg tertampil

1770SS

 











Yak pada sheet “SPT OP <60jt” bisa dilihat bahwa hanya pegawai a.n la Duhu saja yang datanya tampil karena penghasilan bruto setahunnya masih <60jt

Referensi Kode Harta dan Utang

 

Ada juga sheet yang berisi kode harta dan hutang, bisa dipakai karyawan saat mengisi lampiran harta dan hutang/kewajiban pada form 1770S.

Cara Lain Membuat Bukti Potong 1721-A1

 

Tentu saja ada cara membuat bukti potong diluar dari aplikasi excel yg saya bagi dan bisa jadi Anda sudah menerapkannya, antara lain:
  • Buat di e-SPT PPh 21, pada aplikasi e-SPT PPh 21 tersedia menu untuk membuat bukti potong baik 1721-A1 ataupun 1721-A2. Untuk data isian bukti potongnya bisa Anda input per pegawai (Isi SPT >> daftar Bukti Potong >> A1) ataupun impor secara massal dengan impor file CSV (CSV >> Impor >> Bukti Potong >> A1).
  • Gunakan program pihak ketiga, yang saya maksud adalah gunakan aplikasi gratis atau berbayar dan biasanya jadi satu kesatuan dengan program akuntansi. Saya nggak sebut merk.
  • Buat sendiri kertas kerja PPh 21 Anda, atau bisa juga gunakan kertas kerja PPh 21 yang pernah saya bagikan karena datanya bisa diimpor untuk buat A1 di e-SPT PPh 21
  • Gunakan jasa konsultan atau konsultasikan dengan petugas pajak.
 A. Aplikasi dengan isian bruto sebulan yang nantinya akan dikalikan dengan banyaknya bulan yang dipilih

B. Aplikasi dengan isian bruto dalam setahun, jadi penghasilan sudah dianggap setahun



Silahkan berbagai dan jangan lupa saran dan kritiknya .



sumber: amsyong.com

Unknown
Unknown

Previous
Next Post »

1 komentar:

6 March 2021 at 03:49 Reply Delete Delete

Ayo Cobain Sensasi Bermain Promo Freechip Tanpa Deposit... Join Disini Sekarang Kumpulan Berbagai Macam Permainan Taruhan Online Terbaik, Kunjungi Website Kami Di Klik Disini dan Dapatkan Bonus Terbaru 8X 9X 10X win klik disini untuk mendapatkan akun Sabung Ayam anda dan Bonus Berlimpah.

avatar