Aplikasi Excel 1721-A2 dan 1770S-SS 2014

Aek Simorot - Pada artikel sebelumnya saya sudah sampaikan aplikasi excel sederhana untuk pembuatan bukti potong 1721-A1 untuk karyawan. Sekarang giliran para pegawai negeri atau PNS yang akan saya bagikan aplikasi serupa, yaitu aplikasi excel pembuatan bukti potong 1721-A2 yang juga terhubung otomatis dengan SPT 1770S dan SS. Jika diperhatikan susunan pengisian datanya berbeda antara A1 dan A2 karena saya dapat filenya dari 2 sumber yg berbeda. Baik form bukti potong A1 & A2 sudah mengikuti Per-14/PJ/2014 dan SPT-nya juga sudah mengikuti Per-19/PJ/2014 sehingga semua formulir yg saya bagikan adalah yang terbaru dan berlaku untuk tahun pajak 2014 dan sesudahnya. Yak simak saja panduan singkatnya dibawah ini.

Tahap pertama yang harus dilakukan tentu aja unduh dahulu file excel, tombol unduh di akhir artikel. Dan aktifkan fungsi makro. Dari 3 versi excel yg saya coba (2007, 2010, 2013) cara mengaktifkan macro hampir sama. Untuk pengguna libre office atau aplikasi kantoran lainnya, saya belum coba apakah aplikasi ini bisa berjalan sebagaimana mestinya tau tidak. Jika ada yg berniat oprek agar bisa dijalankan di software office lain, silahkan aja dimodif dan dibagi di blog ini. InsyaAlloh akan bermanfaat.

Aktifkan Fitur Makro Pada Excel (1)

Pada Office Excel klik menu File >> Options

Aktifkan Fitur Makro Pada Excel (2)

Klik Trust Center >> Macro Settings >> Enable all macros >> OK

Pengisian Data Instansi
Di sheet “data pemberi kerja” isikan data instansi pemotong dengan identitas pemotong, biasanya bendahara gaji atau jabatan yg ditunjuk oleh pimpinan instansi.

Pengisian Data Instansi


 Pada sheet “Gaji” isikan data pegawai tetap yg akan dibuatkan bukti potong, pada isian ini ada opsi untuk pilihan penghasilan gaji ke-13.

Pengisian Data Penghasilan


 masih di sheet “Gaji” isikan data gaji sebulan dengan penghasilan lainnya. Ini nanti yg akan disetahunkan.

Data Harta, Utang dan Keluarga


 Di sheet gaji juga disediakan data untuk isian daftar harta, daftar utang dan daftar anggota keluarga. Tapi isian ini sebenarnya kewajiban pegawai masing-masing bukan kewajiban bendahara pemotong gaji, jadi bisa dikosongi atau diisi. Karena kewajiban bendahara pemotong hanyalah membuat bukti potong 1721-A2.

Penghasilan Final

 

Maksudnya adalah atas honorarium dinas, jika ada biasanya dipotong PPh 21 final yang persentasenya sesuai dengan pangkat pegawai penerima











Tombol Kontrol Cetak

 

Tombol untuk cetak bukti potong dan SPT tahunan terletak di sheet “1770S (INDUK) “, mirip dengan kontrol cetak di aplikasi 1721-A1. Satu tombol untuk cetak bukti potong dan satu tombol untuk cetak SPT tahunan yang nantinya SPT yg tercetak akan menyesuaikan dengan besaran bruto masing-masing pegawai dalam memilih jenis S atau SS. Sementara pada sheet “1770S (LAMP 1)” dan “1770S (LAMP 2)” hanya menampilkan data sesuai kontrol yang ada di sheet “1770S (INDUK)

Sheet 1721-A2
 Pada Sheet 1721-A2, Anda bisa melihat hasil inputan dari data gaji.

Bukti Potong Final

Dokumen ini akan tercetak otomatis berbarengan dengan SPT tahunan jika hanya ada pemotongan PPh 21 final

Kode Harta & Utang

Sheet ini sebagai referensi dalam pengisian kode harta dan utang.

Yak segini dulu untuk aplikasi excelnya. Tombol unduhnya ada di tautan dibawah ini. walaupun saya sudah bagikan file excel namun bagi WP yang mau nyoba menggunakan e-filing sangat dibolehkan dan dianjurkan. Artikel tentang e-filing akan saya paparkan kemudian.




Sumber : amsyong.com


Unknown
Unknown

Previous
Next Post »

2 komentar

6 March 2021 at 03:49 Reply Delete Delete

Ayo Cobain Sensasi Bermain Promo Freechip Tanpa Deposit... Join Disini Sekarang Kumpulan Berbagai Macam Permainan Taruhan Online Terbaik, Kunjungi Website Kami Di Klik Disini dan Dapatkan Bonus Terbaru 8X 9X 10X win klik disini untuk mendapatkan akun Sabung Ayam anda dan Bonus Berlimpah.

avatar
teo-ika
AUTHOR
15 November 2023 at 15:38 Reply Delete Delete

gk bisa di download filenya

avatar