Jalan Parsoburan Habinsaran- Paridian Nassau Tobasa Amblas, Tinggal 1 Meter

Jalan propinsi yang menghubungkan Parsoburan Kecamatan Habinsaran-Paridian Kecamatan Nassau Kabupaten Toba Samosir amblas
Aek Simorot - Jalan propinsi  yang menghubungkan daerah Parsoburan Kecamatan Habinsaran dan  Paridian Kecamatan Nassau Kabupaten Toba Samosir tepatnya daerah Sabahuala, amblas dan kini hanya tinggal 1 meter. Dikhawatirkan, jalan  yang berada persis pertengahan antara Parsoburan – Paridian ini, dalam waktu dekat, akan putus total jika hujan terus menerus mengguyur daerah tersebut.

Padahal jalan ini merupakan satu-satunya akses dari daerah Parsoburan menuju Nassau  Kecamatan Nassau untuk selanjutnya menuju Kabupaten Labuhanbatu. Warga meminta pemerintah segera menangani sebelum seluruh badan jalan ikut longsor.

Lasman Sinaga SPd, Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Nassau Kecamatan Nassau yang setiap harinya  melewati jalan  itu, Sabtu (9/5) menyebutkan, longsor itu sebenarnya  sudah terjadi beberapa bulan terakhir. “Dulu kondisinya masih belum begitu besar dan lebar. Namun 3 hari terakhir, amblasnya badan jalan semakin melebar,”  terang Lasman.

Diterangkannya,  hujan yang terus menerus mengguyur daerah itu tiga hari belakangan ini, membuat badan jalan semakin  terkikis. “Sekarang hampir seluruh badan jalan (aspal)  sudah longsor terbawa air,” sebut Lasman seraya menambahkan, saat ini jalan hanya bisa dilintasi sepedamotor saja, sementara roda empat sudah tidak bisa lagi melintas.

Bahkan, jika hujan masih turun, seluruh badan jalan akan ikut amblas terbawa air. “Harapan kita, pemerintah melalui dinas terkait segera menangani longsornya badan jalan ini,” ujar Lasman.

Ditambahkannya, jalan yang tinggal 1 meter nantinya, dikhawatirkan juga akan ikut longsor karena kondisi tanah, sementara di sisi jalan merupakan rura (jurang red).


Sumber : hariansib.co

Unknown
Unknown

Previous
Next Post »