Kebersamaan-Ku IM-Habornas

Kebersamaan selalu menjadi hal penting untuk diterapkan, terlebih dalam organisasi. Beberapa perkumpulan atau organisasi menjadikan kebersamaan sebagai sebuah moto untuk saling mendekatkan para anggotanya pada setiap kegiatan, entah untuk membuat organisasinya terlihat solid atau membuatnya menjadi perkumpulan yang tidak membosankan?

http://aeksimorot.blogspot.com/
Bermain Games / Dokumentasi IM-Habornas
 Bisa jadi itu salah satu alasan klise yang terpikir di benak mereka jika ditanya untuk apa kebersamaan ada. Namun apa yang sebenarnya dimaksud dengan kebersamaan? Apakah selalu bersama dalam setiap kesempatan? Atau selalu ada saat salah satu atau beberapa anggotanya punya masalah?

Jika yang dimaksud dengan kebersamaan seperti hal tersebut maka ada satu pertanyaan lagi yang muncul, apakah arti kebersamaan dalam sebuah organisasi sedangkal itu? Mungkin beberapa menjawab tidak, namun fakta yang terlihat kadang hanya sebatas itu.
http://aeksimorot.blogspot.com/
Rapat Panitia Natal 2014 / Dokumentasi IM-Habornas
Kebersamaan yang menyangkut loyalitas tidak dapat dipungkiri menjadi salah satu unsur penting bagaimana sebuah organisasi mampu berjalan dan semakin kuat hanya dengan hal tersebut, ajaib? Tidak saya rasa. Penting? Tentu, karena ikatan yang terbentuk dari sebuah kebersamaan adalah karena rasa kekeluargaan dan hubungan yang terjalin dalam sebuah organisasi tidak hanya menjadi sekedar kerja sama dan hubungan profesional semata.

Tetapi yang justru terjadi saat ini, beberapa orang yang tergabung dalam sebuah organisasi kadang terikat dengan egoismenya, memaksakan kehendak atau mungkin lupa bahwa mereka berada dalam sebuah perkumpulan yang terdiri dari bermacam kepala dengan ide yang berbeda.

Kata sepakat dalam musyawarah yang biasa dijalani untuk mengambil sebuah keputusanpun terkadang bukan suatu yang bersifat mengikat (walaupun telah disepakati), hal yang disepakati bersama bisa saja berubah hanya karena satu orang yang menolak kesepakatan tanpa berkontribusi sebelumnya, dan hal tersebut tak jarang menimbulkan konflik dalam sebuah organisasi, perpecahan sering terjadi dan kebersamaan kemudian menjadi hal yang patut dipertanyakan setelah para anggotanya

Perang dingin seakan kembali ke zaman Amerika dan Uni Soviet pasca Perang Dunia II, jika bertemu buang muka dan di belakang saling menyalahkan, organisasi lalu menjadi wadah perkumpulan masalah dan kemajuannya dapat terhambat. Tentu saja terhambat, mereka yang ‘ngambek’ biasanya akan mogok berpartisipasi atau mengikuti kegiatan organisasi, atau mungkin malah menyiapkan surat pengunduran diri dengan alasan sudah tidak cocok (Lha?).


http://aeksimorot.blogspot.com/
Foto Bersama / Dokumentasi IM-Habornas
Beberapa orang yang terkumpul dalam organisasi mengelu-elukan ‘kebersamaan’ ini, tetapi mereka yang termasuk beberapa tersebut kadang tidak punya visi terhadap organisasinya, memikirkan ide namun tidak berkeinginan untuk mewujudkannya, bilang peduli tapi tak berkontribusi, menyatakan bahwa mereka satu kesatuan namun egonya tak kenal kompromi, katanya aktif tapi jika dibutuhkan hanya berdiam diri, dan pada akhirnya kebersamaan hanya menjadi sebuah omong kosong tanpa memahami kebersamaan seperti apa yang sebenarnya dibutuhkan oleh sebuah organisasi.

Perbedaan pemikiran merupakan hal yang lumrah, namun dalam organisasi adalah bagaimana cara kita menyatukan berbagai hal berbeda yang ada dalam pikiran kita tersebut, bagaimana membuat organisasi yang dikembangkan tidak hancur hanya dengan egoisme, tidak ada kesamaan hati dan pikiran, maupun tidak adanya pengorbanan.
http://aeksimorot.blogspot.com/
Foto Bersama / Dokumentasi IM-Habornas
‘Saling bersama’ sekali lagi bukan makna sesungguhnya dari kebersamaan dalam sebuah organisasi, namun ketika para anggotanya saling support, mengerti kondisi masing-masing dan memahami makna kebersamaan yang sesungguhnya maka konflik seharusnya hanya menjadi bumbu penyedap yang pada akhirnya akan memberikan kekuatan pada organisasi dan pelajaran penting untuk para anggota yang menjalaninya.

Kebersamaan memiliki 4 unsur yang harus diciptakan dan dijaga oleh setiap individu yang tergabung didalamnya:

1. Sehati & Sepikir (Satu Visi)
Dalam sebuah organisasi akan terdapat banyak orang yang memiliki pendapat berbeda. Satu kepala satu ide, seribu kepala seribu ide. Namun jika ingin membuat kelompok kita kuat dan solid, maka selayaknya kepentingan bersama lebih diutamakan dari kepentingan pribadi. Tinggalkan perbedaan dan galang persamaan, akan mengantar organisasi kita dapat berjalan dg lancar.

http://aeksimorot.blogspot.com/
Doa Bersama / Dokumentasi IM-Habornas
2. Tidak Egois
Sudah bukan rahasia lagi jika manusia itu adalah "makhluk egois". Apapun yang tidak memiliki nilai tambah buat dirinya, kebanyakan tidak akan ada partisipasi yang dikeluarkan, bahkan dianggap tidak penting. Jika sifat ini ada dalam sebuah organisasi, bisa dipastikan organisasi tersebut hanya punya program tapi tidak ada kegiatan. Tidak ada yang mempelopori, karena semua menganggap apa yang mereka lakukan tidak ada imbal baliknya. Jika ingin memiliki organisasi yang solid, maka kita mulai utk belajar menurunkan Ego demi kepentingan bersama.

http://aeksimorot.blogspot.com/
Ke Taman Mini / Dokumentasi IM-Habornas
3. Kerendahan Hati
Organisasi akan memiliki anggota yang hegemoni (campuran). Terkadang ada sebagian anggota yang terlibat tidak memiliki keahlian dan pengalaman khusus, modal mereka hanya sekedar kerelaan demi memberikan sumbangsih. Maka selayaknya anggota yang memiliki usia lebih tua, pengalaman lebih matang, keahlian lebih tinggi, kondisi finansial lebih beruntung, untuk menekan rasa sombong dalam diri dan rela bekerja sama (sambil menuntun) dg anggota lainnya. Kerendahan hati akan menghindarkan kita dari rasa benci, iri hati dan timbulnya kelompok yang terkotak-kotak.

4. Kerelaan Berkorban.
Setiap individu dalam sebuah organisasi, akan memiliki sumbangsih yang bisa berbeda-beda. Ada yang menyumbangkan dana, pikiran, fasilitas, tenaga atau waktu. yang punya finansial lebih menyumbangkan dana utk transportasi dan konsumsi, sementara yang memiliki waktu menyumbangkan tenaga dan waktunya utk melaksanakan tugas. Perbedaan sumbangsih jangan sampai membuat gesekan negatif yang bisa berdampak pada perpecahan. Jika ingin bekerja bersama-sama, maka siapkan kerelaan untuk mau berkorban dan jangan pernah itung-itungan.

Jika setiap individu dalam sebuah organisasi memahami dan terus belajar untuk memenuhi 4 unsur diatas, maka lambat laun organisasi yang dikembangkan akan menjadi semakin kuat dan solid di kemudian hari. Kesadaran diri untuk menjadi insan yang lebih baik dan terus bertumbuh, akan sangat membantu proses perubahan diri.


http://aeksimorot.blogspot.com/
Taman Mini / Dokumentasi IM-Habornas

Begitu indahnya sebuah kebersamaan atau persatuan. Kita pasti pernah mendengar ilustrasi tentang kebersamaan, yang diumpamakan sebagai sapu lidi. Sebatang lidi tak berati apa-apa, namun ketika disatukan ia menjadi alat penyapu yang bisa membersihkan sampah.

Ilustrasi sapu lidi tersebut menjelaskan kepada kita betapa pentingnya kebersamaan atau persatuan tersebut. Namun, begitu banyaknya ilustrasi keber-samaan diterima, tapi masih banyak perpecahan di sekitar kita. Mulai dari keluarga hingga di luar rumah tangga pun sudah tidak asing lagi. Seperti yang kita lihat di hari-hari terakhir belakangan ini. Begitu banyak pertentangan yang terjadi di kalangan masyarakat.

 Harapan saya, Mudah-mudahan IM-Habornas Jabodetabeka Semakin maju, semakin kompak menjadi keluarga muda-mudi yang solid dan bertanggung jawab.

Berikut Foto-fot Kebersamaan-Ku IM-Habornas Jabodetabeka 2014-2015

http://aeksimorot.blogspot.com/
Tukar Kado

http://aeksimorot.blogspot.com/
Penerima Tamu

http://aeksimorot.blogspot.com/
Cow-Cow Keren :D
http://aeksimorot.blogspot.com/
Foto Bersama - Natal IM-Habornas

http://aeksimorot.blogspot.com/
Koor - Natal IM-Habornas

http://aeksimorot.blogspot.com/
Penyalaan Lilin - Natal IM-Habornas

Senior - Natal IM-Habornas

Penasehat - Natal IM-Habornas

Prosesi - Natal IM-Habornas

MC - Natal IM-Habornas

Ketua Natal - Natal IM-Habornas

Trio Habornas - Natal IM-Habornas

Penyerahan Ulos (Penasehat) - lelang -Natal IM-Habornas

Judul   : Kebersamaan-Ku IM-Habornas 
Profil Penulis  
Nama   : Soneta Pane
TTL     : Sipagabu, 4 Juli 1987
Ketua BPH IM-Habornas Jabodetabeka 2014 s/d 2015

Media Sosial : 
Facebook :
Soneta Pane ( Conneta C-toruzz Vanne)
Ikatan Mudamudi Habornas Jabodetabeka

Blog Pribadi : 
AAS- [Anak Aek Simorot]

Daftar Pustaka : Dari Berbagai Sumber

Jika ada kata-kata saya yang kurang lebih mohon di maafkan. Mari bersama-sama membangun IM-Habornas Jabodetabeka yang lebih baik dengan Memberikan komentar atau saran yang membangun dan mendidik dengan kata-kata yang sopan.

Terima kasih.


Unknown
Unknown

Previous
Next Post »

1 komentar:

Putry Amouy
AUTHOR
11 October 2020 at 10:56 Reply Delete Delete

JOIN NOW !!!
Dan Dapatkan Bonus yang menggiurkan dari dewalotto.club
Dengan Modal 20.000 anda dapat bermain banyak Games 1 ID
BURUAN DAFTAR!
Menyediakan Deposit Via Pulsa TELKOMSEL / XL
Dompet Digital Via OVO, DANA, LINK AJA DAN GOPAY
Info Lebih Lanjut Bisa Hub kami Di :
WA : +855 88 868 8229
Online 24Jam Bosku
www.dewa-lotto.site
www.dewa-lotto.club

avatar